Monday, November 25, 2013

Perjalanan terakhir Pak Rahmat


Doa agar dipanggil Allah ditanah Suci terkabul Dia salah seorang diantara ribuan korban korban jamaah haji di makkah yang meninggal Di Tragedi Mina

  Beberapa orang yang mengomel panjang pendek ketika melintasi jalan raya yang belum sebulan doperbaiki , aspalan mengepas disana sini, sembulan kerikil dan lubang yang menganga membuat kendaraan yang berhati-hati. Air menggenang di semua lubang. Hampir semua jalan tidak mulus 
  Heran nya, selalu saja perbaikan jalan itu dilakukan di musim Hujan dan dengan perbaikan seadanya, maka hampir dapat dipastikan, anya dalam tempo singkat jalan tersebut duah berubah menjadi kubangan , kenapa itu bisa terjadi..?karena anggaran biaya perbaikan jalan tersebut di bagi-bagi oleh pemimpin proyek, , dimakan bersama koleganya untuk kepetingan perut mereka sendiri , calanya kualitas jalan diturunkan , artinya tidak sesuai dengan spesifikasi, wktu dipilih musim hujan , dengan demikian jalan tersebut akan cepat rusak sehingga nanti turun lagi anggaran baru, begitu seterus nya seperti lingakaran setan.

  Begitulah penyakit birokrat di negaraegara Korup. Mereka memeras Rakyat dengan da atas nama pembagunan , mengibuli rakyat dengan berbagai retorika dan nanti melakukan korupsi dalam skala massif karena korupsi sudah berurat dan juga berakar dari hulu sapai hilir dari atas asmpai bawah todak mengherankan hampir semua fasilitas publik kuaalitas nya memprihatinkan. Jala –jaln rusak, saran tranportasi amburadul bandara dan pelabuhan menjadi kotor dan jorok,

Aku sebutlah rahmat karyawan sebuah instasi basah yang bergerak di bidang srana dan prasarana , menjdi pelaku dan sakasi hidup dari berbagia kejadian miring dan penyimpangan dan sering terjadi di Negara kita , tiadak adayang merasa bersalah ketika melakukan penyimpangan dan korupsi , karena semua melakukan nya , banyak pembenaran yang bisa dijadikan alasan tingkat kesejahteraan masyarakat yang rendah dan juga banyak dana yang tidak jelas pertanggung jawaban nya dan berbagai pembenaran lain nya , setiap orang berlomba-lomba untuk mejadi pemimpin proyek, karena akan semakin banyak uang bisa di gaet. Dari dana yang sangat besar bias any kami akan memotng dari sekian persen lalu ketika belanja barang , kami aan membeli dengan harga semurah mungkin karena barang nya tidak sesuai dengan spesifikasi.

Sudah menjadi Rahasia umum  setiap dana pembangunan adalah  utang dari Negara donor, tapi nanti dilapangan akan menjadi sumber bancakan para birokrat begitulah para aparatur Negara hidup diatas penderitaan rakyat dan utang yang menumpuk.

  Beberapa kali aku menjadi pemimoin proyek , dan dengan berbagai cara aku mendapat uang yang jumlah nya tidak sedikit, ak mempunyai rumah bak istana dan mempunyai mobil yang berkelas yang berderet di garasi , dari segi materi aku sangat tidak kekurangan, malah melimpah, anak dan istri ku pun menjalani hari-hari nya dengan penuh kemewahan ,semua yang mereka inginkan tersedia , vasilitas rumah yang melimpah , aku benar-benar memanfaat kan kedudukan ku sebagai pempin proyek, karena pintar membagi-bagi kan rizeqi, menyenagkan hati banyak orang jadi aku sering terpiih menjadi pemimpin proyek,

  Aku tidak hanya terpilih menjadi pimimpin proyek jalan raya , tapi juga terpilih menjadi pemimpin proyek vital lain nya. Seperti pembangunan beberapa jembatan, bendungan, gedung, dan beberapa saluran irigasi, dengan bahan yang tidak berkualitas dan pengerjaan yang asal jadi, dapat dibayangkan bagaimana tingkat umur hasil proyek yang aku  pimpin.

  Hidup dengan gelimangan harta dan berbagai kemudahan memperoleh uang membuat aku terlena tidak jelas mana yang halal dan mana yang haram aku melaju tanpa control dan tanpa ada yang mengingatkan , mungkin karn asemua rasa benar , melakukan nya dengan terang terangan,

Sesuai dengan pertambahan umur, aku pun mulai merenung  dan berfikir tentang berbagai hal, termmasuk dengan diriku dan keluargaku, hati nurani menjadi pelita yang paling fitri walau seorang bergelimang dosa, dan dari lubuk hati yang paling dalam , aku merasakan diriku penuh dengan gelimang dosa, mengambil harta yang bukan hak ku, Rasanya belum terlambat aku tuk membenah semua yang ada pada diriku 
Banyak ancaman yang kemudian akub dengar dan aku baca tentang harta yang bukan seharus nya aku ambil dengan tanpa sepengetahuan mereka, ibadah nya tidak akan ditrima, daging yang tercipta dari barang haram nanti nya akan menjadi bahan untuk api neraka , begitu berat sisksaan bagi para koruptor.

Sedikit demi sedikit pintu hati ku mulai tersingkap, walau aku sendiri masih enggan berpisah dengan kenikmatan yang aku  miliki, kemikmatan duniawi begitu menjerat dan aku tida pernah merasa  puas. Aku berharap, perenungan  dan evaluasi jujur akan menghasilkan perubahan bagi ku , memang tidak semudah ku bayangkan jalan yang aku harus lalui, karena begitu banyak penyimpangan yang aku lakukan , tapi aku ngin mencuci semua dosa-dosa itu, dengan melakukan tobat dan mengetuk pintu ilahi. Selanjut nya hari demi hari aku lalui dengan kesadarn yang penuh bahwa aku telah melakukan banyak perbatan yang telah dilarang oleh allah. Aku sangat menyesal telah ikut larut dalam budaya korupsi yang menyengsarakan rakyat, aku begitu lama melakukan kejahatan besar.

Rasanya tidak cukup aku beribadah setiap hari untuk menebus semua dosa dosa ku  dan ke alpaan, tapi aku yaqin Allah maha pengampun dan maha penerima tobat ,aku ingin bersujud dan bersimpuh kepada allah di tanah Suci, menangis mengiba ngiba memohon kepada Allah agar aku dikasihani Agar aku juga di tuntun dan di bombing, dari lubuk hati yang paling dalam aku berdoa “Aku ingin dipanggil nya, menghadap nya ditempat yang suci, tempat tujuan dimana semua manusia beribadah yaitu Tanah Suci.
Keinginanku untuk menunaikan rukun islam yang kelima , yaitu naik haji ke Tanah Suci, demikian kuat dan Alhamdulillah Niat dan tekad ku untuk menebus semua dosa-dosa ku dengan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci terbayarkan tahun 2011 aku pun berangkat ketanah suci tentu dengan uang yang dijamin kehalalan nya , mulai dari tanah air ak mengisi semua waktuku dengan berdzikir menyesli semua kesalahan ku dan berjanaji untuk benar-benar menjadi hamba Allah dengan mengikuti semua aturan nya yaitu melalakukan semua perintah nya dan menjauhi semua larangan nya

                  Disaat diriku menunaikan rukun demi rukun ibadah haji semua aku lakukan dengan husyu’ , setiap  waktu demi waktu aku manfaat kan untuk sholat berzikir dan membaca alqur’an , Ya Allah inilah hambamu yang penuh dan berlumuran dengan dosa datang dengan seluruh penyesalan dan menharap ampunan mu ya Alah dan bila engkau memanggilku di tanah suci ini itulah kebahagiaan yang aku dambakan dan aku harapkan.
                    Ketika wukuf di Arafah, aku menangis tersedu-sedu penyesalan tersa amat dalam di lingkup hati ku aku bersujud bersimpuh ya Allah, aku khawatir engkau tidak akan mengampuni aku ya allah.. hamba telah menyesal sudah melakukan semua perbuatan yang tidak sepantas nya aku lakukan , , rangkaiyan demi rangkaiyan ibadah aku lakukan dengan penuh rasa ikhlas,
Ditengah penyesalannyadan doa-doa nya memohon ampunan kepada Allah pak Rahmat pun mengikuti proosesi melontar jumroh dan melewati trowongan Mina Ketika selelsai melempar jumroh dan akan kembali ke tenda nyakekcauan terjad di trowongan sempit itu ratusan ribu manusia terjebak di dalam nya, jeritan histeris dan pekik kesakitan yang mengerikan terdengar membahana, situasi tambah sulit karena maju dan mundur sama susah nya ribuan manusia pingsan pingsan dan dan akhir nya tewas karena  injak dan kehabisan oksigen , inilah kejadian yang paling dramatisdan mencekam dlam sejarh perjalanan hajiratusan korban dari Indonesia banyak yang menghembuskan nafas terakhir nya di sana, dan akhir nya doa yang dipanjat kan oleh pak Rahmat terkabulkan , dimana pak Rahmat meninggal di trowongan Mina.
Langkah Pak Rahmat yang meninggal dunia di Makkah saat menjalankan ibadah haji tapi apakah kematian yang menimpa seorang ketika tengah melakukaan rukun islam kelima itu lantas menhatarkan masuk ke surge walau diya memiliki dosa besar,manusia hanya bisa melihat dari segi lahiriah nya saja segi betiniyah hanya Alah yang tau
Dengan menjalankan ibadah haji berarati dia telah memasang niat yang baik maka  ketika meninggal disana mudah-mudahan kematiannya menjadi husnul khotimah dan dia masuk Surga, dan ingat Allah maha kuasa, kalau Allah mengghendaki baik jadilah “Kunfayakun” sebagai contoh , Nab kita Musa As. Yang menanyakan  kepada allah siapa yang bakal dudu di sebelah nya nanti di akhirat, “yang duduk disebelah mu nanti adalah si Fulan, Ketika Nabi Musa menemui Orang tersebut, ternyata orang tersebut tengah memandikan Dua Ekor  Babi secara bergantian, jantan dan betina, mengeringkan dengan handuk dan kemudian menciuminya dengan penuh kasih sayang, masak orang macam begini yang hendak mendampingi ku kelak  disurga..?? pikir nabi Musa.
Kemudian Nabi Musa As. Bermunajat kepada Allah memohon jawaban yang dia tanyakan tadi, Allah Menjawab babi-babi itu adalah orang tua pemuda tersebut yang dikutuk  kerena perbuatan nya sehingga menjadi babi. Namun, meski mengetahui orang tua nya menjadi babi pemuda itu tetap menghormati dan menhargai sebagai mana bakti anak kepada orang tua nya sikap terakhir itu lah yang dapat perhatian istimewa dari Allah.  

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar:

  1. Korupsi mulai meraja lelaa .
    siapa yang senang , dan siapa yang menderita.

    miris ;-(
    nice posting broohh :D

    ReplyDelete